Selasa, 11 Desember 2012

Pendidikan

                                     "TIPS MENGHADAPI UJIAN"

 


                                                   

1.PERSIAPAN FISIK

Konsentrasi prima sangat di butuhkan ketika mengerjakan soal ujian,agar bisa berkosentrasi secara kesinambungan ,maka di perlukan fisik yang sehat dengan konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dan dianjurkan berolah raga secara teratur.Selain itu tidurlah minimal 8 jam menjelang ujian agar tidak mengantuk ketika mengerjakan soal ujian.

2.LAKUKAN PERSIAPAN MENTAL

Tidak kalah penting ialah persiapan mental.Aturlah emosi agar tetap tenang,hindari perasaan tegang,cemas,khawatir sebab jika tidak mampu mengatur perasaan tersebut,maka akan mengganggu konsentrasi dan memberi dampak negatif.Salah satu cara untuk mengendalikan emosi ialah berdoa.

3.PERALATAN UJIAN

Peralatan ujian yang umum ialah ballpen,pencil,penggaris,penghapus.dsb.Untuk ujian akhir nasional peralatan yang dibutuhkan ialah
-Gunakan pencil dengan grade kehitaman 2B dan yang telah lulus OMR(Optical Mark Reader) dan DMR(Digital Mark Reader)test.
-Pilihlah pencil dengan inti pencil yang lembut sehingga tidak merusak permukaan kertas.
-Gunakan penghapus khusus EBTA dan SPMB karna prnghapus ini diformulasikan untuk khusus kertas LJK penghapus ini sangat lembut dan tidak mennggalkandebu sehingga tidak akan merusak kertas dan juga tidak mengganggu proses koreksi/scanning.



4.PERIKSA SOAL

Periksa kelengkapan soal dan kertas jawaban anda.periksalah soal jawaban anda.Kertas jawaban harus di terima dalam kondisi bersih ,rapih,dan tidak terlipat.mintalah kertas jawaban baru kepada pengawas apabila kondisinya kotor,rusak,dan terlipat.

5.BACA PERINTAH UJIAN

Bacalah perintah ujian dengan baik dan dan tidak terburu -buru,sebab seringkali mengabaikan perintah menjawab soalmembuat anda salah dalam memberi atau memilih jawaban.

6.KERJAKAN SOAL DARI YANG TERMUDAH

Kerjakan soal dari yang anda anggap paling mudah terlebih dahulu,lalu teuskan ketingkat yang lebih sulit,Kerjakan soal jangan terburu-buru .Untuk soal ujian pilihan ganda ,berhati-hatilah ketika melingkari,jangan sampai 1 nomor terisi 2 kali..Untuk soal ujian essai pikirkan dulu jawaban sebelum langsung jawab ke point utama sehingga jawaban tidak bertele-tele.Buat kerangka singkat dengan dengan mencatat beberapa  ide yang igin kamu tulis.

7.SISIHKAN 5%DARI TOTAL WAKTU UNTUK PERIKSA KEMBALI JAWABAN

Periksa kembali seluruh jawabanmu mulai dari kolom identitas,nomor ujian ,dan jawaban.jangan terpengaruh oleh teman yang lebih dulu keluar.pastikan lembar jawaban anda bersih,tidak ada bekas coretandan serbuk pengahpus yang tertinggal.

8.TUTUP DENGAN DOA

Ucapkan rasa terima kasih karena sudah membimbing  anda selama proses ujian.

4 komentar:

  1. Assalamu'alaikum, blogwalking, baca2 nyari inspirasi dan salam kenal ^_^
    jangan lupa buat yang suka corat-coret di Blog, yuk gabung di www.forimyu.com (Forum Indramayu) Social Network Buat Remaja Indramayu..

    BalasHapus
  2. Walaikumsallam wr wb.wah kak,kayaknya seru,menarik.dan banyak bermanfaat,terima kasih atas informasinya.ya kak.

    BalasHapus
  3. tips ujian ini mudah2 mudahan bermanfaat.

    BalasHapus
  4. mudah2an dpat bermanfaat ya kak..>>>>>>>>>>>>>

    BalasHapus